Telkohub – Komunitas Digital Telkopedia
FeaturedPost Tips & Trik Senin

Tips Aman Membeli Handphone Second

Handphone rusak saat tanggal tua? Gak punya biaya lebih untuk beli handphone baru, gak ada salahnya lho beli handphone second. Karena memang tidak dipungkiri, handphone sudah menjadi benda yang menunjang kegiatan sehari-hari. Tapi, terkadang membeli handphone second tak selamanya menguntungkan. Ada saja kasus yang membuat enggan membeli handphone second seperti kondisi device yang buruk, sampai pada penipuan. Agar hal tersebut tidak terjadi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin membeli handphone second.

  1. Situs Terpercaya
    Jika kamu ingin mencari handphone second lewat media online, pastikan kamu mencarinya di situs jual beli yang sudah terpercaya kredibilitasnya. Karena biasanya situs jual beli memiliki sistem yang megharuskan penjualnya untuk menampilkan kondisi barang yang dijualnya secara real. Hindari membeli barang melalui akun sosial media pribadi.
  1. Jangan Malu Bertanya
    Sebagai pembeli, kamu berhak menanyakan kondisi handphone yang kamu ingin beli. Tanyakan apa kekurangan dari handphone tersebut, dan berapa lama handphone sudah digunakan. Dalam proses pembicaraan lewat chat atau telepon kamu pun bisa menilai orang yang menjual barang tersebut. Biasanya orang yang jujur akan menjelaskan keadaan barang yang dijualnya secara apa adanya dan tidak berbelit-beli.
  1. Cocokan imei dan box
    Jika kamu ingin membeli handphone second, pastikan check ke aslian device dengan cara memeriksa kode imei pada handphone di menu “about”. Mintalah penjual untuk memberikan box handphone yang tertera nomor imei dan keterangan imei di about pada handphone yang ingin kamu beli. Jika nomer imei sesuai, bisa dipastikan handphone second yang kamu beli terjamin keasliannya.
  1. Cash On Delivery
    Untuk menghindari penipuan, pastikan kamu melalukan transaksi Cash On Delivery. Jangan sekali-sekali berani memberikan uang DP terlebih dahulu, karena kamu pun belum tau pasti kondisi handphone yang akan kamu beli secara real.
  1. Minta Garansi
    Untuk menjamin bahwa handphone yang kamu beli terjamin kualitasnya, buatlah kesepakatan perihal garansi. Biasanya, jika penjualnya memang mengakui kualitasnya bagus dirinya tidak akan keberatan jika dimintakan garansi. Batas wajar garansi yang bisa ditoleransi biasanya tidak lebih dari satu bulan.

Nah itu tips yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli handphone second. Meski beli handphone second, paket data harus terus diperbaharui dong. Yuk check harga perbandingan paket data termurah dan pulsa murah di Telkopedia. Karena hanya di Telkopepedia kamu bisa tahu perbandingan harga tanpa harus kemana-mana. – LMF

Gambar: phonecheck.com

Related posts

Recap of The Week

Angela

Amankah Mengajukan Pinjaman Online?

Angela

5 Game Sepak Bola Terbaik di Android

Angela

Leave a Comment