Telkohub – Komunitas Digital Telkopedia
FeaturedPost News Trend Digital

Setelah Android Oreo, Kini Muncul Android Pie. Ini 7 Fitur Barunya!

Google yang dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi paling terkemuka di dunia, akhirnya merilis seri terbaru dari salah satu produk mereka yaitu Android. Seri kesembilan dari keseluruhan OS Android ini diberi nama Pie. Android Pie resmi diluncurkan pada 7 Agustus 2018 kemarin. Seperti biasa, sistem operasi baru pasti membawa berbagai fitur baru yang lebih baik dan lebih canggih. Penasaran? Apa saja fitur-fitur baru yang ada di Android Pie? Berikut adalah fitur-fitur terbarunya:

  1. Smart Reply dari Notifikasi
    Smart reply di notifikasi Android Pie diterapkan dengan tampilan serba membulat di antarmuka grafis Android Pie, termasuk di bagian quick setting dan tray notifikasi. Tema visual material design di Android Pie memang menambahkan white space dengan sudut yang membulat. Tampilan setting pun kini menampilkan ikon yang lebih berwarna-warni. Dalam bar notifikasi, Android Pie juga langsung menampilkan konten seperti gambar dari aplikasi chatting serta dalam bar notifikasi kamu juga bisa langsung membalas chat tanpa harus masuk dalam aplikasi chatting.
  1. Mode Lockdown
    Berbeda dengan seri sebelumnya, Android Pie kini dibekali sistem keamanan dan privasi yang lebih ketat yang bernama Lockdown Mode. Fitur ini mampu meningkatkan keamanan ponsel kamu saat dalam keadaan berbahaya. Jika fitur ini diaktifkan, maka ponsel kamu akan terkunci dan menonaktifkan sidik jari, voice unlock dan face unlock. Jadi ketika ada seseorang yang ingin membuka ponsel kamu, mereka harus memasukkan kode keamanan dasar seperti PIN, Password, atau Pola.
    Untuk mengaktifkan fitur ini kamu bisa buka Setting -> Security and Location -> Lock Screen -> Lalu aktifkan Show Lockdown Option. Sedangkan, pilihan untuk melakukan Lockdown Mode akan kamu temukan saat kamu menekan tombol daya.
  1. Mengedit Screenshoot Secara Langsung
    Android Pie masih mendukung cara pengambilan screenshot dengan menahan tombol power dan volume down secara bersamaaan. selain itu, ada fitur baru untuk editing screenshot. Setelah tangkapan layar diambil, Android Pie akan menampilkan tombol “Edit” di screenshot preview. Pilihan penyuntingannya antara lain ada crop, highlight, dan menggambar. Ini mempersingkat langkah yang diperlukan apabila kamu ingin menyunting gambar yang kamu screenshot sebelum dibagikan ke orang lain.

 

  1. Dukungan Terhadap ‘Notch’ Pada Ponsel Terbaru
    Sejak tahun 2018, ponsel dengan layar berponi atau ‘notch’ memang sangat banyak ditemukan pada ponsel-ponsel android dari berbagai merk. Sayangnya, keberadaan poni ini menimbulkan beberapa masalah yang cukup merugikan penggunanya, salah satunya adalah layar menjadi terpotong ketika bermain game atau menonton film.
    Nah, untuk mengatasi itu, Google menyebutkan bahwa Android 9 Pie memberikan dukungan langsung terhadap smartphone berponi lewat fitur cut-out. Nantinya, setiap aplikasi yang berjalan pada Android 9 Pie akan mendapatkan render ulang, dimana hal tersebut berguna untuk memastikan bahwa aplikasi yang dijalankan tidak terpotong oleh poni di bagian atas ponsel.
  1. Digital Wellbeing
    Untuk mengatasi masalah kecanduan smartphone yang saat ini mulai menjadi penyakit umum, melalui Android 9 Pie, Google memperkenalkan Digital Wellbeing. Lewat fitur baru ini, Google memastikan bahwa smartphone yang ‘bekerja’ untuk pengguna, bukan sebaliknya. untuk mendukung itu semua, Google menyematkan sejumlah fitur yang memungkinkan pengguna mengatur waktu mereka di depan layar smartphone. Salah satu yang paling unik adalah Android Dashboard, yang membantu pengguna untuk mengetahui berapa banyak waktu yang mereka habiskan di aplikasi-aplikasi tertentu. Selain itu, ada juga Wind Down Mode, yang bisa memberi peringatan kepada pengguna untuk beristirahat atau tidur.
    Dengan adanya fitur ini, kamu bisa mengontrol pemakaian smartphone. Gak lagi lagi deh waktu kamu terbuang sia-sia gara-gara main ponsel terus.
  1. Daya Tahan Baterai Diatur oleh AI
    Setiap merilis Android versi terbaru, Google selalu berusaha semaksimal mungkin untuk mengoptimalkan daya tahan baterai. Nah, pada Android Pie kali ini, Google mulai menggunakan kecerdasan buatan atau AI sebagai solusi terbarunya.
    Fitur baru yang dinamakan Adaptive Battery ini, akan langsung memeriksa aplikasi apa saja yang jarang atau sering digunakan. Setelah itu, fitur ini akan langsung membatasi penggunaan CPU yang berlebihan untuk aplikasi yang jarang digunakan. Google mengklaim bahwa fitur baru ini dapat menghemat baterai ponsel kamu hingga 30%.
  1. Navigasi Berbasis Gestur
    Sistem navigasi pada Android Pie, kini dibuat lebih simpel dengan keberadaan satu tombol navigasi saja. Setiap gerakan alias gestur yang dilakukan seperti geser ke kanan, kiri atau atas, kini memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Kombinasi gestur pada tombol navigasi terbaru ini mungkin akan sulit diawal dan gak terbiasa menurut kamu, namun sebenarnya fitur ini bisa dikuasai dalam waktu singkat dan kamu lama-lama juga akan terbiasa dengan fitur ini.

Fitur-fitur Android Pie saat ini baru bisa kamu nikmati  di ponsel Google Pixel saja. Tapi, percuma sih kalau kamu punya ponsel yang keren dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih eh ternyata  paket internetnya belum diaktifkan. Beli paket internet murah di Telkopedia, dijamin gak bikin dompet kamu bolong. – AAP

Gambar: digitaltrends.com

Related posts

Recap of The Week

Angela

Recap of The Week

Angela

Heboh! Ada Selebtwit yang Menjual Jasa Penulisan Caption

Angela

4 comments

folorentorium February 15, 2019 at 6:51 pm

Thanks , I have recently been searching for info approximately this subject for ages and yours is the greatest I’ve came upon so far. But, what concerning the bottom line? Are you sure in regards to the source?

Reply
dfuketvinolter March 1, 2019 at 1:50 pm

The heart of your writing while sounding reasonable originally, did not settle well with me personally after some time. Someplace within the sentences you actually were able to make me a believer unfortunately only for a very short while. I nevertheless have got a problem with your leaps in logic and you might do nicely to help fill in those breaks. In the event that you can accomplish that, I would definitely be fascinated.

Reply
온라인카지노사이트 April 18, 2019 at 12:28 am

This really answered my problem, thank you!

Reply
먹튀사이트 April 18, 2019 at 1:20 am

I don’t even know how I ended up here, but I thought this post was great. I don’t know who you are but certainly you are going to a famous blogger if you are not already 😉 Cheers!

Reply

Leave a Comment