Telkohub – Komunitas Digital Telkopedia
FeaturedPost Recap of the Week

Recap of the Week

Ada beragam peristiwa yang terjadi di dunia digital minggu ini, Lalu kira-kira peristiwa apa saja yang perlu kalian simak? Yuk kita lihat sama-sama bahasannya!

 

  1. WhatsApp batasi forward pesan hanya 5 kali
    WhatsApp akhirnya membatasi para penggunanya dalam meneruskan pesan yang sebelumnya bisa sampai ke 20 kontak  ke 5 kontak saja. Dikutip dari detikINET, peraturan ini pertama kali diterapkan di India sekitar 6 bulan yang lalu. Pembatasan ini diharapkan bisa menekan penyebaran hoax yang seringkali dilakukan lewat WhatsApp. Pembatasan ini efektif dilakukan secara bertahap mulai Selasa 22 Januari 2019 lalu untuk pengguna OS Android. Sedangkan untuk pengguna iOS, pembatasan ini masih dalam proses pengembangan.

 

  1. Fitur baru Facebook
    Di minggu ini Facebook juga meluncurkan fitur terbarunya yang bernama “Community Action” (Aksi Komunitas). Dikutip dari Kompas.com, fitur ini kurang lebih merupakan petisi online mirip Change.org, namun dibesut oleh Facebook dan beredar di dalam jejaring sosial tersebut.
    Petisi ini bisa langsung disebarkan dalam linimasa Facebook baik secara public atau untuk beberapa orang saja. Si pembuat petisi juga bisa men-tag organisasi atau pejabat terkait untuk menarik perhatian mereka akan isu yang sedang diangkat dalam petisi tersebut. Lalu agar tidak disalahgunakan, Facebook akan mengawasi semua petisi yang beredar dengan bantuan beberapa moderator dan dibantu dengan deteksi algoritma. Fitur ini akan segera diluncurkan di Amerika Serikat, tapi belum ada informasi lebih lanjut kapan fitur ini akan tersedia di negara lainnya.

 

  1. Pengiriman barang lewat drone pertama di Indonesia
    JD.ID baru saja sukses melakukan uji coba pengiriman barang menggunakan drone yang pertama di Indoensia. Pengujian ini dilakukan kawasan Parung, Jawa Barat dengan rute Desa Jagabita, Parung Panjang, Bogor ke Sekolah Dasar MIS Nurul Farah Leles. Barang-barang yang dikirim berupa tas dan buku. Dalam uji coba tersebut, drone yang digunakan adalah JDrone seri Y3 yang mampu membawa muatan hingga 10 kg dan mampu menempuh jarang sepanjang 10 km per charge dengan kecepatan maksimum hingga 72 km/jam.  Wah bakal jadi alternatif pengiriman barang baru nih!

 

  1. Fitur blok artis dari Spotify
    Selain Facebook, aplikasi streaming musik Spotify juga sedang menggarap fitur terbaru untuk aplikasinya yaitu fitur blok. Fitur yang bertuliskan “don’t play this artist” ini nantinya akan memblok penyanyi yang tidak kamu kehendaki, jadi kamu tidak akan mendengarkan lagu dari artis bersangkutan di library, playlist, chart hingga radio dalam Spotify. Tapi fitur blok ini tidak akan berlaku pada lagu yang melibatkan artis tersebut dalam proyek featuring atau kolaborasi. Fitur ini sementara sedang di tes pada perangkat berbasis iOS, dan akan segera hadir untuk seluruh pengguna Spotify.

 

  1. Ahok jadi YouTuber
    Setelah resmi bebas di hari Kamis tanggal 24 Januari lalu, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mulai aktif nge-vlog di channel YouTube nya “Panggil Saya BTP”. Pada vlog pertamanya yang berjudul “Pulang” ini, Ahok menceritakan pengalaman juga pelajaran yang ia dapatkan selama berada di tahanan Mako Brimob. Vlog yang menampilkan dialog dirinya dengan putra sulungnya ini berhasil menyedot perhatian lebih dari 2 juta viewers hanya 24 jam setelah diunggah. Channel-nya sendiri sudah di-subscribe lebih dari 600ribu subscribers dan tentu akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Kamu mau ikutan subscribe juga? Jangan lupa beli dulu paket data murah biar bisa lancar streaming vlognya ya!

 

  1. WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger dikabarkan akan merger
    Dikutip dari detikINET, Facebook dilaporkan akan mempersatukan tiga platform messaging kepunyaannya, yakni WhatsApp, Instagram, serta Facebook Messenger.  Jika sudah terlaksana, maka user dapat mengirimkan pesan diantara ketiganya. Konon rencana ini digagas langsung oleh pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Walau disebut akan “bersatu”, namun ketiganya ini akan tetap menjadi aplikasi terpisah yang diberi modifikasi sehingga dapat saling berkirim pesan walau berbeda layanan.
    Rencana ini sendiri ditentang oleh sebagian karyawannya. Apalagi ketika membeli Instagram dan WhatsApp, Mark berjanji bahwa keduanya tetap menjadi perusahaan independen. Meskipun demikian, tampaknya Mark akan terus menjalankan rencananya untuk “menyatukan” ketiga platform ini.

 

Diantara berita tadi, yang mana yang paling menarik perhatian kamu? Jangan lupa terus update berita-berita terbaru tentang game, gadget dan dunia digital di Telkopedia. Selain berita seru, kamu juga bisa cek harga pulsa termurah dan paket data murah lewat situs Telkopedia.

Selamat menikmati akhir pekan semuanya!

Gambar: time.com

Related posts

Review DreadOut – Game Horror Klasik Indonesia

Angela

Baru Memulai Bisnis? Aplikasi Gratisan Ini Bisa Kamu Coba

Angela

Tips: Cara Mengubah Background Chat di Telegram

Angela

2 comments

Orville Iannuzzi February 19, 2019 at 9:53 am

Hiya very nice blog!! Guy .. Beautiful .. Wonderful .. I’ll bookmark your website and take the feeds additionally?KI am glad to find a lot of helpful information here in the publish, we need develop extra techniques in this regard, thank you for sharing. . . . . .

Reply
dfuketvinolter March 1, 2019 at 1:54 pm

Hi there! I’m at work surfing around your blog from my new iphone! Just wanted to say I love reading through your blog and look forward to all your posts! Carry on the excellent work!

Reply

Leave a Comment