Telkohub – Komunitas Digital Telkopedia
FeaturedPost Tips & Trik Senin

Hal yang Perlu Diwaspadai Untuk Terhindar Dari Hacker

Kita memasuki era digital, yang dimana semua dimudahkan oleh kecanggihan teknologi. Gaya hidup yang serba digital, tidak semuanya bernilai positif lho. Karena semua bisa beresiko, salah satu resikonya adalah peretasan data yang disalahgunakan oleh hacker. Hacker merupakan tindakan kriminal dalam dunia teknologi yang sudah lama banyak diwaspadai keberadaannya. Tidak jarang, semua teknologi berbasis digital selalu menggunakan verifikasi ganda untuk menjamin keamanan penggunanya. Tapi, kita sebagai pengguna juga wajib memproteksi diri untuk terhindar dari hacker agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut beberapa tindakan antisipasi yang perlu kamu lakukan.

  1. Perbaharui Password
    Mungkin tips ini yang paling sering kamu dengar. Ya, memang memperbaharui password adalah tindakan paling dasar untuk mengantisipasi hacker. Terutama untuk email yang memang sering kamu gunakan untuk keperluan pekerjaan. Lindungi data penting kamu dengan memperbaharui password secara berkala. Minimal 3-4 bulan sekali, akun pribadi seperti gmail, twitter, atau instagram.
  1. Karakter Password
    Saat ingin mengganti password, kamu juga harus memperhatikan tipe password yang mudah dilacak para hacker. Hindari menggunakan nama kamu, tanggal lahir, atau kombinasi bulan dan tahun kelahiran kamu. Big NO! Sebisa mungkin gunakan password yang complicated, gabungkan huruf kapital, huruf kecil, angka dan tanda baca secara bersamaan. Ini merupakan kombinasi sempurna untuk menghindari hacker. Takut lupa? Kamu bisa kok mencatatnya di note smartphone kamu.
  1. Batasi Penggunaan WiFi
    Jadi fakir WiFi sih boleh-boleh saja, tapi kamu wajib banget waspada lho. Kalau memang sangat membutuhkan WiFi, pakailah jaringan internet tersebut hanya untuk aktivitas browsing saja. Sangat tidak dianjurkan untuk mengakses layanan internet banking, atau transaksi online lainnya dengan WiFi umum ya guys, karena hacker bisa mengakses account pribadi kamu, bukan tidak mungkin akses perbankan kamu akan terganggu karena ulah para hacker.
  1. Tidak Menyimpan Data Kartu Kredit
    Saat ini hampir seluruh website online shop bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya. Kemudahan tersebut juga ditunjang oleh fitur penyimpanan data kartu kredit, yang dimana fungsinya sebagai menyimpan data, saat kamu ingin bertransaksi kamu tidak perlu lagi mengetik nomor kartu kredit secara manual. Tinggal klik, dalam sekejap pembayaran selesai. Tapi tahukah kamu? Hal ini sangat beresiko dimanfaatkan oleh para hacker? Tidak sedikit lho kasus bermunculannya tagihan kartu kredit yang tidak jelas transaksinya, setelah dianalisa ternyata transaksi tersebut rata-rata yang bersumber dari website online yang sudah tersimpan data kartu kredit.

Keberadaan hacker memang perlu diwaspadai, sama halnya saat kamu bertransaksi online ketika membeli paket data dan pulsa. Ingin transaksi beli paket data dan pulsa yang aman? Coba check dulu Telkopedia. Tidak hanya itu, di Telkopedia kamu bisa mendapatkan harga perbandingan paket data termurah dan harga pulsa murah lho. Coba saja check sekarang! – LMF

Gambar: darkwebnews.com

Related posts

Review Seru: Samsung Galaxy A9, Smartphone dengan 4 Kamera Belakang

Angela

MotoVlogger Indonesia Wajib Follow

Angela

Rekomendasi Aplikasi Untuk Kamu yang Sering Bingung Pilih Tempat Makan

Angela

Leave a Comment